Label

Seputar Otak

            Pada postingan saya kali ini, saya akan membahas mengenai pengertian, bagian-bagian, struktur, serta fungsi dari organ tubuh manusia yang terpenting, yakni otak.
A.    Pengertian Otak

Otak adalah suatu organ terpenting pada tubuh manusia yang merupakan pusat dari sistem saraf. Volume otak berkisar 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf atau neuron untuk menunjang fungsinya. Otak terletak di dalam kepala, dan memiliki beberapa fungsi, antara lain :
1.      Sebagai pusat regulasi sebagian tindakan yang dialami.
2.      Sebagai pusat pengatur organ-organ tubuh. Misalnya mengatur kerja jantung, hati, dan lain-lain.
Otak merupakan pengendali tubuh. Jika seseorang memiliki otak yang sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, jika otak seseorang dalam kondisi yang tidak sehat, maka itu merupakan penyebab dari segala masalah pada tubuh.
B.     Bagian-bagian Otak
Secara keseluruhan, otak manusia dibagi menjadi empat bagian, yaitu :
1.      Otak besar (Cerebrum)
Sesuai dengan namanya, otak besar merupakan bagian yang terbesar pada otak. Dengan otak besar, manusia dapat berpikir, mengendalikan masalah, mengingat, bahkan berbicara. Kecerdasan seseorang juga dapat diukur berdasarkan kemampuan otak besar.
Otak besar dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang menyusunnya, yaitu :
a)      Lobus frontal, yaitu bagian otak besar yang menduduki bagian terdepan dari struktur otak besar. Lobus frontal memiliki hubungan dengan perilaku manusia, seperti kemampuan bergerak kognitif, perencanaan, penyelesaian masalah, kreativitas, pusat kontrol perasaan, dan kemampuan berbahasa.
b)      Lobus parietal, merupakan bagian otak besar yang berada di tengah. Lobus parietal berhubungan dengan proses sensorik tuuh berupa tekanan, sentuhan, rabaan, dan lain-lain.
c)      Lobus occipital, merupakan bagian otak besar yang berada paling belakang. Lobus ossipital memiliki hubungan dengan penglihatan (visual) manusia, sehingga tubuh mampu membedakan segala hal yang dilihat oleh mata.
d)     Lobus temporal, merupakan bagian otak besar yang berada di bagian samping kiri dan kanan otak. Lobus temporal berhubungan dengan suara (verbal) manusia, sehingga dengan adanya lobus temporal ini, manusia dapat berbicara serta membedakan berbagai bahasa yang digunakan.
2.      Otak kecil (Cerebellum)
Otak kecil merupakan bagian otak yag berada di bawah lobus occipital otak besar, tepatnya di bagian belakang kepala, dan berhubungan dengan leher bagian atas. Otak kecil memiliki hubungan dengan fungsi gerakan manusia, seperti mengontrol gerakan manusia, mengontrol gerak koordinasi antar otot, mengatur keseimbangan tubuh, dan mengatur sikap serta posisi tubuh.
3.      Batang otak (Brainsteam)
Batang otak berada di leher bagian atas dan memanjang hingga ke sumsum tulang belakang manusia. Batang otak mengatur fungsi dasar manusia, seperti mengatur proses pernapasan, proses denyut jantung, proses kerja ginjal, dan hal vital lainnya. Oleh karena itu, dalam medis dikenal dengan istilah mati batang otak, yaitu suatu kondisi cederanya batang otak yang mengakibatkan otang tersebut mati biologis.
Batang otak terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
a)      Otak tengah (Mesencephalon), merupakan bagian batang otak yang menjadi penghubung antara otak besar dan otak kecil. Otak tengah berhubungan dengan proses penglihatan pada mausia.
b)      Medulla oblongata, merupakan titik awal dimulainya saraf yang akan menuju ke tulang belakang, sehingga seterusnya akan dilanjutkan ke seluruh tubuh. Medulla oblongata berhubungan dengan pengontrolan fungsi otomatis organ-organ pada tubuh manusia.
c)      Pons, merupakan bagian batang otak yang terletak di bawah medulla oblongata dan mengatur serta meneruskan segala informasi ke bagian otak yang lain.
4.      Sistem Limbik
Sistem limbik merupakan bagian otak yang terletak di tengah-tengah otak. Komponen sistem limbik yaitu hipotalamus, thalamus, amigdala, korteks limbik, dan hippocampus. Sistem limbik merupakan bagian otak yang berhubungan dengan alam sadar manusia. Pusat emosi, pusat data, pusat haus, pusat lapar, dan masih banyak lagi. Bahkan LeDouc mengistilahkan system limbic sebagai tempat duduk bagi segala nafsu manusia, tempat penghargaan, kejujuran, serta tempat bermuaranya cinta dan benci.
C.    Struktur Otak
Otak manusia terbentuk melalui dua sel, yaitu glia dan neuron. Glia merupakan sel yang melindungi neuron, atau bisa disebut dengan sel yang melindungi neuron. Sedangkan neuron merupakan sel saraf yang membawa segala informasi yang dibutuhkan tubuh ke otak. Neuron membawa informasi tersebut dalam bentuk potensial aksi.
Antara neuron yang satu dengan yang lain saling terkait, sehingga bisa diibaratkan sebagai rantai yang tidak pernah terputus. Neuron ysang satu akan membawa informasi berupa potensial aksi ke neuron yang lainnya dengan turut serta membawa bahan kimia yang disebut dengan neurotransmitter. Neurotransmitter ini dibawa dan dikirimkan melalui sinapsis (suatu celah antar neuron).
D.    Fungsi Otak
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa otak merupakan organ terpenting di dalam tubuh manusia. Tanpa otak, manusia tidak bisa hidup dan berkembang. Hal ini terbukti dengan fungsi otak yang sangat sakral bagi tubuh. Berikut merupakan fungsi-fungsi otak manusia, yaitu :
1.      Sebagai pusat regulasi untuk melakukan aktivitas atau bergerak, kognisi, mampu membuat perencanaan, mampu menyelesaikan masalah, memberikan penilaian, merangsang kreatifitas, mengontrol perasaan, dan juga mampu berbahasa secara umum.
2.      Sebagai alat sensor terhadap penilaian, seperti tertekan, tekanan, merespon sentuhan, dan menghasilkan rasa sakit.
3.      Sebagai alat menerjemahkan verbal, sehingga seseorang mampu mendengar, menangkap, dan memaknai informasi serta mampu menangkap bahasa dalam bentuk suara.
4.      Sebagai pusat masuknya informasi visual untuk diterjemahkan dalam bentuk penglihatan yang sesuai dengan aslinya.
5.      Sebgai pusat pengatur gerakan koordinasi antar otot tubuh dan pengaturan keseimbangan, sehingga seseorang akan dapat bergerak sebagimana mestinya dan tidak terjatuh.
6.      Berfungsi dalam penerjemahan visual manusia, seperti menggerakkan bola mata, membesarkan atau mengecilkan pupil mata (sesuai cahaya yang masuk), dan juga mengatur gerakan tubuh manusia.
7.      Melakukan pengontrolan terhadap fungsi otomatis otak, seperti mengatur detak jantung, mengatur sirkulasi peredaran darah dalam tubuh, mengetur pernapasan, dan juga mengatur sistem pencernaan manusia.
8.      Sebagai penjaga tubuh, baik dalam keadaan terjaga maupun dalam keadaan terjaga.
9.      Menghasilkan perasaan, pengaturan emosi, pengaturan produksi hormon, memelihara homeostatis, menciptakan rasa haus, menciptakan rasa lapar, merangsang perasaan untuk senang, mengatur metabolisme tubuh, dan juga mengatur memori jangka panjang manusia.

Itulah sekilas pemaparan saya mengenai pengertian, bagian-bagian, struktur, serta fungsi dari otak. Jadi, bisa kalian bayangkan betapa sengsaranya hidup manusia tanpa adanya otak. Proses pernapasan,  proses kerja ginjal, bahkan proses pengaturan denyut jantung tak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Fakta] Seputar Kupu-kupu

Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

[Fakta] Seputar Sidik Jari