Label

[Fakta] Seputar Kupu-kupu



Kupu-kupu. Si cantik nan indah yang memikat banyak pasang mata dari berbagai belahan dunia. Hewan yang awalnya dipandang sebelah mata karena berwujud ulat ini ternyata memiliki beberapa fakta yang unik dan menarik yang mungkin luput dari pengamatan kita dan belum kamu ketahui loh sobat. Apa saja ya kira-kira?
Fakta pertama, peningkatan besar tubuh hingga 27.000 kali.
Siapa sangka, ternyata setelah menetas dari telur hingga menjadi kupu-kupu dewasa, ulat mengalami peningkatan besar tubuh hingga 27.000 kali, loh! Ukuran kupu-kupu berkisar antara seperdelapan inchi sampai 12 inchi.
Fakta kedua, tidak bisa terbang saat kedinginan.
Ada yang tahu bahwa hewan bersayap yang satu ini tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius? Kupu-kupu adalah jenis hewan dengan darah yang mudah membeku. Selain itu, kupu-kupu juga tidak memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Saat udara dingin, maka tubuh kupu-kupu akan terpengaruh sehingga kemampuan untuk mencari makan dan menghindar dari predator menjadi hilang.
Fakta ketiga, memiliki mulut probosis.
Kupu-kupu memiliki mulut probosis, yaitu mulut panjang yang digunakan untuk menghisap nektar atau madu. Perlu diketahui, bahwa tidak semua kupu-kupu memiliki mulut. Lantas bagaimana kupu-kupu tersebut bertahan hidup? Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkannya ketika masih menjadi kepompong.
Fakta keempat, bersayap transparan.
Kupu-kupu merupakan seranggayang bersayap sisik atau serangga yang masuk ke dalam ordo Lepidoptera. Bukankah kupu-kupu dikagumi karena keindahan sayapnya yang berwana-warni? Sebenarnya, kupu-kupu memiliki sayap yang transparan. Sayap kupu-kupu dibentuk dari kumpulan lapisan yang disebut chitin. Chitin membentuk kerangka sayap dan lapisan tipis sayap. Selanjutnya, permukaan transparan ini akan ditutup oleh ribuan sisik kecil sisik inilah yang membentuk pola warna pada sayap kupu-kupu, terlebih saat terkena pantulan cahaya matahari.
Fakta kelima, memiliki 12.000 mata.
Kupu-kupu melihat dengan 12.000 mata? Mungkinkah kupu-kupu memiliki 12.000 mata? Mungkin saja, dan ini fakta! Kupu-kupu memang memiliki mata sebanyak 12.000 buah. Mata kupu-kupu disebut mata majemuk, yaitu mata yang berbentuk seperti belahan bola yang membengkak pada bagian atas kepalanya.
Fakta keenam, merasakan dengan kaki.


Kaki pada kupu-kupu digunakan untuk merasakan. Kupu-kupu menggunakannya untuk menemukan tempat mencari makan dan pohon inang untuk meletakkan telurnya kelak. Kaki pada kupu-kupu akan menggesek-gesek daun atau batang pada tanaman agar sarinya keluar. Setelah itu, organ chemoreceptor yang ada pada kaki belakang akan mendeteksi apakah pohon tersebut cocok untuk ditempati telur atau tidak.
Fakta ketujuh, waktu hidup yang pendek.
Sebagian besar kupu-kupu  hanya hidup selama 2-4 minggu saja. Setelah keluar dari kepompong, kupu-kupu hanya punya dua tugas dari hidupnya! Pertama, mencari makan. Dan kedua adalah mencari pasangan untuk melangsungkan perkawinan. Setelah melakukan tugasnya, kupu-kupu akan mati dengan sendirinya.
Fakta kedelapan, hanya hidup dengan menghisap cairan.
Karena bentuk muluk kupu-kupu dewasa yang memanjang seperti sedotan yang disebut probosis (semacam belalai). Hal inilah yang mengakibatkan kupu-kupu hanya bisa menghisap cairan dari bunga dan tidak mengunyah sesuatu yang padat seperti daun pada fase masih menjadi ulat.
Fakta kesembilan, berdiri dengan menegakkan sayap.
Apa yang menjadi ciri dari kupu-kupu itu sedang berdiri? Ya, sayapnya tegak. Lihat saja saat kupu-kupu itu hinggap di atas daun atau bunga, pasti sayapnya berdiri. Jika saja saat berada di atas bunga, tapi sayapnya terbentang, berarti kupu-kupu itu belum menginjakkan kakinya di bunga. Melainkan terbang dengan jarak yang sangat dekat.
Fakta kesepuluh, 20.000 spesies kupu-kupu.
Ada sekitar 20.000 jenis kupu-kupu yang tersebar di seluruh dunia! Di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 2.500 jenis kupu-kupu. Terpaut sedikit dengan Brazil yang memiliki keragaman kupu-kupu sebanyak 3.000 jenis. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu surga untuk pecinta kupu-kupu.
Fakta kesebelas, Kupu-kupu sanggup bermigrasi sejauh ribuan kilometer.
Kupu-kupu sanggup bermigrasi sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat (tropis) ketika musim dingin tiba dan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmuan Biologi Paling Terkenal Di Dunia

[Fakta] Seputar Sidik Jari